Pemerintah Pusat Satukan BP Kawasan

KEPRI – Pemerintah pusat, kata Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak SH akan menyatukan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

“Ya empat BP Kawasan yang ada di Kepri, akan disatukan pemerintah pusat melalui Kemenko Perekonomian,” ujar Jumaga di Tanjungpinang, Selasa (14/1-2020).

Menurutnya, penggabungan tersebut dilakukan guna memudahkan investasi yang ada. Dengan penggabungan BP Kawasan, juga diharapkan dapat mengurangi biaya investasi demi menghindari banyaknya birokrasi yang harus dilalui.

Jumaga mengatakan BP Kawasan yang ada di Kepri akan diintegrasikan untuk mudahkan proses investasi. Dan seperti yang diminta Presiden, maka penyatuan itu dilaksanakan dalam waktu sekitar 3 bulan.

“Presiden menginginkan pengintegrasian BP Kawasan ini dapat memudahkan investasi yang masuk Kepri sehingga biaya investasi tidak mahal atau efisien,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan penyatuan ini, nantinya Pemprov Kepri dan DPRD Kepri akan dilibatkan dalam pengelola kawasan perdagangan bebas pelabuhan bebas di Provinsi Kepri. Nantinya, BP Kawasan Bintan selaku pengelola kawasan Free Trade Zone di Bintan, akan dihapus. Demikan juga halnya degan BP Kawasan Karimun dan BP Kawasan Tanjungpinang. Sementara untuk BP Batam kepemimpinannya telah diintegrasikan dengan jabatan Wako Batam.

“ Arahnya memang demikian,” singkatnya. Red/Rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *